Selasa, 08 Januari 2013

TIPS SEHAT

Kacang merah yang berbentuk sepeti ginjal manusia itu ternyata berasal dari Amerika dan pertamakali dibudidayakan oleh suku ATEC. Dalam bahasa inggris adalah kidney bean.
Nah manfaatnya apa?
Masakan khas orang Magelang adalah senereg yang bahan utamanya menggunakan kacang merah, bahkan ada warung yang terkenal karena menyajikan menu khusus yaitu  senereg.
Kacang merah ini merupakan sahabat vegetarian karena makanan berserat dan memberi kualitas protein yang tinggi. Nah untuk  anda yang ingin menurunkan berat badan, kacang merah ini merupakan pemasok protein tanpa lemak. karena kandungan gizi dan kapasitasnya kacang merah cepat mengisi perut, sehingga sering digunakan orang yang ingin menurunkan berat badannya.
Selain itu bagus juga untuk penderita penyakit darah tinggi karena kandungan potasium yang baik. kacang ini juga sumber mineral fosfor, zat besi dan folat dan memasok protein. zinc yang terdapat pada kacang merah bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka.
TAPI INGAT
Sebaiknya kacang merah dimasak dengan tepat, karena jika dimasak terlalu lama maka mengandung antinutrient yang dapat menyebabkan kram perut. dan kandungan serat pada kacang dapat menyebabkan perut kembung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar